Motor yang saya bongkar adalah motor Yamaha Mio. tentunya langkah-langkah ini akan sama persisi dan bisa diterapkan pada motor metik lainya.
Oke langsung saja..
yang harus disiapkan tentu saja peralatanya.
1. Kunci T dengan ukuran 8, 10,12mm
2. Obeng
3. Traker khusus CVT
4. Kunci Khusus Couple CVT ukuran 39x41mm
Langkah yang pertama Bongkar Cover Bodi supaya gampang membuka foot stepnya
Jika sudah terlepas,maka giliran membuka filter cvt...
Dibagian ujung cover cvt ada baut plus,cukup dikendorkan saja,lihat gambar
Kemudian lepas cover cvt paling belakang yang ada tulisan yamaha,disitu ada 2 baut plus dan 1 baut ukuran 8mm
Semua sudah dilepas sisa satu cover utama lepas semua baut ukuran 8 pakai kunci sok8,lepas semua baut disekeliling cover cvt dan satu baut di tengah2 cover.
inilah bagian dalam dari CVT mio
Kemudian lepas mur as cvt depan pakai sok 17 ,jika kang bro punya impact dan ada kompresor maka lebih mudah untuk membukanya tapi jika tidak ada maka harus manual.
Jika manual caranya pakai traker lalu ditahan seperti gambar dibawah,
Rumah kopling sudah terlepas maka v-belt sudah bisa diambil,lanjut melepas kampas kopling dari dudukannya,caranya pakai traker khusus matic seperti gambar dibawah ini,
Jika mur kopling sudah kendor taruh kampas kopling assy dibawah/lantai agar proses melepas mur lebih mudah,hati2 saat melepas mur kampas kopling sambil ditahan karena jika tidak ditahan kampas kopling akan terbang karena didorong oleh per kampas kopling.
Semua rangkaian part cvt sudah dibongkar lanjut bersihkan pakai bensin semua part cvt,kecuai kampas kopling,v-belt dan rumah kopling,part ini jangan di cuci pakai bensin karena akan berakibat selip jika kena bensin.
Jika sudah dicuci bersih dan dikeringkan dengan udara bertekanan atau kompresor jika tidak ada kompresor setelah dicuci dilap agar bersih dan kering.
kampas kopling diamplas pada ketiga sisi sepatu koplingnya,cukup diamplas tipis saja.begitu juga bagian rumah kopling juga diamplas pada sisi dalam yang bersinggungan dengan kampas kopling sampai kelihatan bersih.kemudian cek kondisi v-belt apakah masih layak pakai atau tidak caranya jika v-belt kelihatan tidak ada retak2nya maka v-belt masih bisa dipakai,kalo di beres ada alat khusus untuk ngecek kondisi v-belt apakah masih tebal atau layak pakai,lihat gambar dibawah.
lanjut cek kondisi roller apakah sudah aus atau tidak jika sudah aus atau peang lebih baik diganti.
Kemudian siapkan greas cvt atau gemuk khusus cvt,di yamaha tersedia pelumas untuk part cvt.greas tersebut ada 2 macam dalam satu kemasan,yaitu greas primary sheave untuk melumasi part cvt nagian depan atau rumah roller,yang kedua greas scondary sheave untuk melumasi part bagian belakang atau dudukan kampas kopling.
Langsung saja lumasi part rumah rollernya,ambil gemuk sedikit saja jangan terlalu banyak(secukupnya saja) karena jika terlalu banyak greas akan keluar dan loncat ke v-belt dan berakibat selip.
Jika sudah dilumasi lanjut masukkan bos,setelah bos rumah roller dimasukkan pada ujung bos akan ada sisa greas dan lanjut dibersihkan,lihat gambar dibawah.
Kemudian dudukan pin guide dikasih greas secukupnya saja,
Lalu pasang tutupnya(seta scondary spring),jika tutup pin guide sudah
aus maka wajib ganti karena akan menyebabkan greas keluar dari dudukan
pin guide,lihat gambar.
Lalu pasang tutupnya,kemudian pasang per kampas kopling.langkah selanjutnya pasang kampas kopling.
Kemudian siapkan alkohol,fungsinya untuk membersihkan permukaan part
agar kesat sehingga v-belt tidak selip saat berputar.bersihkan part cvt
yang bersinggungan langsung dengan pergerakan v-belt saat v-belt
berputar,lihat gambar.
Kemudian kampas kopling assy dikeluarkan
dari as-nya tapi v-belt jangan sampai terlepas lalu v-belt di cangkolkan
ke as krukas(rumah roller),kemudian sambil ditarik kebelakang pasangkan
kampas kopling assy ke bagian as belakang.
setelah sudah bersih Lanjut pasang
covernya,lalu cover yang kecil urutannya seperti saat proses pelepasan
tinggal dibalik saja,he3….
Karena saat proses lepas tutup filter cvt busanya terlihat kotor maka sebelum dipasang dibersihkan dulu,
Kemudian tutup cover tutup filter cvt-nya,lalu pasang foot step dan cover lowernya.Dan selesai sudah.
Halaaaaaahhhhh cape banget bikin postingan kaya gini. Tp Mudah-mudahan aja bermanfaat..
My Own Experience..........
No comments:
Post a Comment
Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan